PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA MOLYMOOD GABUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X2 SMAN 8 KOTA BENGKULU

Susilaningsih , Ani and Handayani, Dewi and Wiwit, Wiwit (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA MOLYMOOD GABUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X2 SMAN 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ani.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ani.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X2 SMAN 8 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran advance organizer menggunakan media peraga molymood gabus pada pokok bahasan hidrokarbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru adalah 29 dengan kriteria baik, nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 22 dengan kriteria cukup dan untuk hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas 56,2, daya serap klasikal 56,2%, dan ketuntasan hasil belajar 37,9%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 32,5 dengan kriteria baik, nilai rata-rata aktivitas siswa 25,5 dengan kriteria cukup, dan hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas 74,0 daya serap klasikal 74% dan ketuntasan hasil belajar 66,6. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 34,5 dengan kriteria baik, nilai rata-rata aktivitas siswa 32,5 dengan kriteria baik dan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 79,3, daya serap klasikal 79,3% dan ketuntasan hasil belajar 87,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 09:14
Last Modified: 03 Oct 2014 09:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8739

Actions (login required)

View Item View Item