PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUKAN WEB PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X IPA I SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Listiono, Arsela Eko and Handayani, Dewi and Rohiyat, Salastri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUKAN WEB PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS X IPA I SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ars.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ars.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas X IPA I SMAN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, dengan tujuan untuk (1) mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantukan web dapat meningkatkan hasil belajar kimia dan (2) Mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantukan web dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus dan data yang diperoleh dari tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rata-rata kelas, daya serap klasikal dan menentukan ketuntasan belajar. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas (6,57), daya serap klasikal (65,7%) dan ketuntasan belajar (25%). Pada siklus II, nilai rata-rata kelas (7,53), daya serap klasikal (75,3%) dan ketuntasan belajar (60,7%). Dan pada siklus III nilai rata-rata kelas (8,07), daya serap klasikal (80,7%) dan ketuntasan belajar (85,7%). Aktivitas siswa dengan rata-rata skor untuk siklus I adalah 27 (kriteria cukup), siklus II adalah 32,5 (kriteria baik), siklus III adalah 34 (kriteria baik). Sedangkan aktivitas guru dengan rata-rata skor untuk siklus 1 sebesar 27,5 (Kriteria cukup), siklus II adalah 33 (kriteria baik) dan siklus III adalah 34,5 (kriiteria baik).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 09:19
Last Modified: 03 Oct 2014 09:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item