PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS X7 MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU

Ramadhani, Dwi Windiana and Amir, Hermansyah and Rohiat, Salastri (2014) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS X7 MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dwi.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,II-14-dwi.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik di kelas X7 Man 1 Model Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh kelas X7 Man 1 Model Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes, yang terdiri dari posttest dan lembar observasi. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu nilai rata-rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar, dan rata-rata skor observer. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Peningkatan aktivitas siswa diketahui dari skor rata-rata lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I : 23 dengan kategori cukup, siklus II : 31 dengan kategori baik, dan siklus III : 35 dengan kategori baik. Dan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I : nilai rata-rata siswa 37,08; daya serap 37,08%, dan ketuntasan belajar 0% dengan kriteria belum tuntas, pada siklus II : nilai rata-rata sebesar 73,75; daya serap 73,75%, dan ketuntasan belajar 66,67% dengan kriteria belum tuntas, dan pada siklus III : nilai rata-rata sebesar 83,75; daya serap 83,75%, dan ketuntasan belajar 87,50% dengan kriteria tuntas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 09:34
Last Modified: 03 Oct 2014 09:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8743

Actions (login required)

View Item View Item