PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) DI KELAS X MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2013/2014

Noprianto, Noprianto and Ginting, Sura Menda and Rohiat, Salastri (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) DI KELAS X MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nop.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nop.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif kimia siswa antara penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan model pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) di kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa-siswi kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu dan sampel adalah kelas X5 sebagai kelas ATI dan kelas X8 sebagai kelas VAK. Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam model pembelajaran ATI dan model pembelajaran VAK. Nilai rata-rata untuk kelas ATI sebesar 76,52 sedangkan untuk kelas VAK sebesar 70,86. Uji-t kedua kelas sampel dengan α = 0,01 diperoleh thitung = 2,832 sedangkan ttabel (0,99)(44) = 2,414 berarti thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran ATI lebih baik dari pada hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran VAK.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 09:56
Last Modified: 03 Oct 2014 09:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8749

Actions (login required)

View Item View Item