PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA DUA TINGKAT (Two Tier Multiple Choice) UNTUK MENGUNGKAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA MATERI KONSEP REDOKS DAN LARUTAN ELEKTROLIT

Jauhariansyah, Septian and Wiwit, Wiwit and Bahar, Amrul (2014) PENGEMBANGAN DAN PENGGUNAAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA DUA TINGKAT (Two Tier Multiple Choice) UNTUK MENGUNGKAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA MATERI KONSEP REDOKS DAN LARUTAN ELEKTROLIT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sep.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sep.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes pilihan ganda dua tingkat pada topik konsep reaksi oksidasi dan reduksi (Redoks) dan larutan elektrolit, serta mengujikan intrumen yang dihasilkan untuk mengungkap pemahaman siswa pada materi tersebut. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap,yaitu tahap pengembangan butir soal, tahap validasi, dan tahap penggunaan butir soal. Tahap pengembangan butir soal terdiri atas penggunaan soal essay dan pilihan ganda beralasan. Tahap validasi tediri dari uji validitas dengan metode CVR dimana diperoleh nilai CVR soal 0,99 yang termasuk kategori sangat tinggi, dan uji reliabilitas soal dengan hasil uji 0,84 yang juga termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini berarti kualitas instrumen yang dikembangkan sangat baik. Berdasarkan penggunaan instrumen tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat (two tier multiple choice) yang dikembangkan diperoleh pamahaman siswa yang kurang pada topik pengaruh konsentrasi dan derajat ioninsasi, ciri daya hantar listrik, penghitungan biloks serta penentuan oksidator dan reduktor. Jumlah siswa yang kurang paham pada kelas X.1 cenderung lebih sedikit dibanding padda kelas X.2, karena kelas X.1 terlibat dalam pengembangan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 10:00
Last Modified: 03 Oct 2014 10:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8750

Actions (login required)

View Item View Item