Mandasari, Silviya and Wiwit, Wiwit and Rohiat, Salastri (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PAIKEM BERBASIS LABORATORIUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 1 PADANG JAYA BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sil.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sil.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model PAIKEM berbasis laboratorium dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu membandingkan dua kelas. Kelas pertama diberi perlakuan dengan menerapkan model PAIKEM berbasis laboratorium sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua diterapkan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang Jaya yang terdiri dari 86 orang siswa ,masing-masing 29 orang siswa kelas XI IPA 1, 28 orang siswa kelas XI IPA 2, dan 29 orang siswa kelas XI IPA 3. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas dengan menggunakan nilai ujian tengah semester. Dilakukan uji F untuk memperoleh kelas yang homogen, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal postest yang divalidasi terlebih dahulu. Selanjutnya hasil postest yang diperoleh digunakan untuk uji hipotesis dengan uji-t, prasyarat dari analisis ini adalah uji normalitas dengan chi-kuadrat (x2). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh x2hitung < x2tabel yang berarti data yang digunakan terdistribusi normal. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari penelitian didapat nilai postest rata-rata untuk kelas eksperimen 76,96 dan kelas kontrol 69,31. Sedangkan hasil uji-t diperoleh thitung 3,24 dan ttabel 2,66, serta diketahui bahwa thitung >ttabel. Dengan demikian hipotesis yang diterima adalah Ha, yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model PAIKEM berbasis laboratorium dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 03 Oct 2014 10:06 |
Last Modified: | 03 Oct 2014 10:06 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8751 |
Actions (login required)
View Item |