UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI SMAN 1 KOTA BENGKULU MELALUI SCIENTIFICS METHOD BERBASIS KURIKULUM 2013

Sari, Siska Purnama and Ginting, Sura Menda and Sumpono, Sumpono (2014) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI SMAN 1 KOTA BENGKULU MELALUI SCIENTIFICS METHOD BERBASIS KURIKULUM 2013. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sis.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sis.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu melalui penerapan scientifics method dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan post test dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta observasi psikomotor dan afektif siswa. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif sehingga diperoleh hasil penelitian berupa pada siklus I, diperoleh skor rata-rata aktivitas guru sebesar 27 dengan kriteria baik, aktivitas siswa sebesar 21,67 dengan kriteria cukup, observasi psikomotor diperoleh sebesar 67,85%, observasi afektif siswa sebesar 67,85% dan untuk hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 64,28% dengan daya serap 69,28%. Sedangkan pada siklus II, diperoleh diperoleh skor rata-rata aktivitas guru sebesar 30,5 dengan kriteria baik, aktivitas siswa sebesar 27 dengan kriteria baik, observasi psikomotor diperoleh sebesar 75,00%, observasi afektif siswa sebesar 75,00% dan untuk hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 78,57% dengan daya serap 76,17%. Sementara pada siklus III diperoleh diperoleh skor rata-rata aktivitas guru sebesar 32 dengan kriteria baik, aktivitas siswa sebesar 30,67 dengan kriteria cukup, observasi psikomotor diperoleh sebesar 89,28%, observasi afektif siswa sebesar 85,70% dan untuk hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 89,28% dengan daya serap 85,21%. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA N 1 Kota Bengkulu melalui penerapan scientifics method.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 10:12
Last Modified: 03 Oct 2014 10:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8752

Actions (login required)

View Item View Item