STRATEGI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ALAM INDONESIA JENGGALU ADVENTURE CAMP (JAC) BENGKULU

Maryani , Dewi and Izzudin, Izzudin and Muchtar , Sazili (2014) STRATEGI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ALAM INDONESIA JENGGALU ADVENTURE CAMP (JAC) BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dew.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dew.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidik dalam mengembangkan pembelajaran anak usia dini di Sekolah Alam Indonesia Jenggalu Adventure Camp Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru TK A dan Guru TK B SAI JAC Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah sebagai berikut : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, mulai dari triangulasi subjek, triangulasi waktu, triangulasi tempat dan triangulasi teknik. Temuan hasil penelitian ini adalah Strategi yang digunakan pendidik dalam mengembangkan kognitif anak adalah dengan membiasakan anak untuk berani mengungkapkan pendapat dan berani bertanya, mengenalkan lingkungan atau menstimulus anak dengan informasi yang ada di alam sekitar, mengenalkan angka, huruf dan bangun geometri, mendorong anak untuk gemar membaca, menggunakan metode inkuiri. Untuk strategi yang digunakan pendidik dalam mengembangkan afektif anak adalah dengan mengembangkan kebiasaan saling menyayangi baik dengan sesama teman maupun lingkungan sekitar, mengembangkan pribadi anak, mengembangkan kebiasaan untuk saling menghormati dan menolong, membiasakan anak untuk mematuhi tata tertib, memberikan penghargaan dan menggunakan metode keteladanan. Dan strategi yang digunakan pendidik dalam mengembangkan motorik anak adalah dengan melatih anak untuk melakukan kelenturan pada tangan dan mengajak anak untuk melakukan gerakan seperti olahraga dan senam, berkebun, berenang dan bermain outbound. Harapan penulis semoga hasil penelitian ini bisa menjadi gambaran bagi pendidik/guru lain yang ingin menggunakan strategi untuk mengembangkan pembelajaran anak usia dini di PAUD ataupun di Sekolah Alam Indonesia lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 15:57
Last Modified: 03 Oct 2014 15:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8760

Actions (login required)

View Item View Item