PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME(BCCT) PADA KELOMPOK B DI PAUD ASSALAAM KOTA BENGKULU

Sari , Selva Citra and Sofino, Sofino and Parlan, Parlan (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME(BCCT) PADA KELOMPOK B DI PAUD ASSALAAM KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sel.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sel.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pendidikan di PAUD menganut prinsip belajar sambil bermain atau bermain seraya belajar karena dunia anak adalah dunia bermain. Pada dasarnya, anak-anak belajar melalui permainan. Sentra dan lingkaran adalah sebuah pendekatan pengajaran yang menempatkan siswa pada posisi yang proporsional. Dunia anak adalah dunia bermain maka selayaknyalah konsep pendidikan untuk anak usia dini dirancang dalam bentuk bermain. Intinya bermain adalah belajar, dan belajar adalah bermain.Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT adalah pembelajaran yang memfokuskan kegiatan di sentra-sentra untuk mengoptimalkan kecerdasan jamak. Dalam pendekatan BCCT terdapat tujuh sentra yaitu sentra persiapan, sentra balok, sentra main peran besar, sentra main peran kecil, sentra bahan alam, sentra seni dan sentra imtaq. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah : a). Mengetahui kondisi sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT pada kelompok B di PAUD Assalaam Kota Bengkulu. b). Untuk mengetahui tahap-tahap yang dilakukan pendidik PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT pada kelompok B di PAUD Assalaam Kota Bengkulu. c). Untuk mengetahui hal apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT pada kelompok B di PAUD Assalaam Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif study kasus, yakni menguraikan, menggambarkan dan menelaah suatu kasus secara mendalam. Subjek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Beyond Centers and Circle Time di PAUD Assalaam Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik criterion based sampling. Dengan teknik pengumpulan data utama adalah wawancara dan didukung dengan observasi dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data maka diperoleh kesimpulan bahwa secara umum pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT di PAUD Assalaam Kota Bengkulu sudah berjalan dengan sangat baik. Kondisi sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT di PAUD Assalaam sudah sesuai dengan ketentuan yang ada hanya saja jumlah APE yang kurang untuk seluruh anak, tahap-tahap yang dilakukan pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran sudah cukup baik, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan BCCT bisa diatasi pendidik dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:44
Last Modified: 06 Oct 2014 09:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8769

Actions (login required)

View Item View Item