STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Barokah, Amalya and Muktadir, Abdul and Anggraini, Dwi (2014) STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ama.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ama.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran Tematik berdasarkan kurikulum 2013 pada siswa kelas IV B SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV B di SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) guru sudah melakukan tahap-tahap perencanaan dengan baik, tetapi guru tidak mengetik ulang dalam penyusunan silabus yang disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 2) guru terlihat belum maksimal pada tahap pelaksanaan dalam pembelajaran Tematik berdasarkan pendekatan ilmiah (scientific approach), 3) guru juga belum maksimal dalam melakukan tahap evaluasi yang terdiri dari penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Hal itu terlihat bahwa guru belum sepenuhnya melakukan proses penilaian untuk setiap aspek dalam melakukan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran Tematik berdasarkan kurikulum 2013 masih kurang dan perlu ditingkatkan, sehingga pendekatan scientific dan penilaian dari berbagai aspek dalam proses pembelajaran akan selalu dilakukan yang bertujuan agar siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2014 14:30
Last Modified: 06 Oct 2014 14:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8780

Actions (login required)

View Item View Item