PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN NILAI KARAKTER MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N 05 KOTA BENGKULU

Ningtias Dwi, Andesty and V. Karjiati, V. Karjiati and Noperman, Feri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN NILAI KARAKTER MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N 05 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-and.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-and.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RME terhadap hasil belajar dan nilai karakter Matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan the matching only pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 05 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VC berjumlah 33 orang siswa sebagai kelas eksperimen, kelas VD berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas V A berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal uraian dan lembar observasi nilai karakter siswa. Analisis data diambil dari hasil pretest, posttest, dan lembar observasi nilai karakter siswa pada kedua kelas sampel. Selanjutnya dilakukan analisis data uji normalitas, homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada peningkatan hasil belajar siswa diperoleh bahwa thitung 2,33 > t tabel 1,99 artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada ranah kognitif siswa antara model pembelajaran RME dan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada nilai karakter Matematika siswa diperoleh bahwa t hitung 2,10 > ttabel 1,99 artinya terdapat perbedaan nilai karakter Matematika siswa yang signifikan antara model pembelajaran RME dan model pembelajaran ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RME terhadap hasil belajar ranah kognitif dan nilai karakter Matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2014 14:44
Last Modified: 06 Oct 2014 14:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8781

Actions (login required)

View Item View Item