STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN SEBAGAI EKSTRAKURIKULER WAJIB DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU

Meicella, Anting and Lukman, Lukman and Muktadir, Abdul (2014) STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN SEBAGAI EKSTRAKURIKULER WAJIB DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ant.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ant.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib dalam Kurikulum di SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu.Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Sampel sumber data dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah (Kurikulum, Kesiswaan, Sarana dan Prasarana), Pembina Pramuka, dan Peserta didik SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negative, dan member check. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) pendidikan Kepramukaan telah dijadikan sebagai ekstrakurikuler wajib di SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu, 2) pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan di SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu telah memenuhi sebagian besar komponen akreditasi Gudep.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu telah menjadikan Pendidikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik.Tetapi, di SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu belum melaksanakan pengisian SKU sebagai pengujian bagi peserta didik dalam pencapaian materi, Pembina masih ada yang belum mengikuti KMD, belum menggunakan sarana dan prasarana secara maksimal.Pengujian SKU sebaiknya segera dilaksanakan, Pembina segera mengikuti KMD bagi yang belum, menggunakan sarana dan prasarana pada saat latihan rutin,agar nantinya dapat mengajukan akreditasi Gudep kepada Tim Asesor di Kwarcab Kota Bengkulu dan tujuan dari Gerakan Pramuka dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2014 15:00
Last Modified: 06 Oct 2014 15:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8782

Actions (login required)

View Item View Item