PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 PEMATANG TIGA BENGKULU TENGAH

Harianja, Aslon and Hambali, Daimun and Resnani, Resnani (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 PEMATANG TIGA BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-asl.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-asl.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 05 Pematang Tiga Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan pendekatan saintifik melalui metode Diskusi Kelompok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ), dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi 4 tahap kegiatan yakni perencanaan (plan ), pelaksanaan tindakan ( Action ), pengamatan ( Observation ), dan Refleksi ( Reflection ). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 05 Pematang Tiga Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata- rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang diperoleh dalam penelitian siklus I yaitu: (1) nilai rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 35 dengan kategori cukup, (2) nilai rata-rata observasi aktivitas siswa 30,5 dengan kategori cukup, (3) Nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 65 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 41,7%. Sedangkan hasil yang diperoleh dalam penelitian siklus II yaitu: 1) nilai rata- rata observasi aktivitas guru sebesar 40 dengan kategori baik, (2) nilai rata- rata observasi aktivitas siswa 38,5 dengan kategori baik, (3) Nilai rata-rata hasil belajar85 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 100%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa SDN 05 Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2014 15:24
Last Modified: 06 Oct 2014 15:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8786

Actions (login required)

View Item View Item