PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA

Putra, Denisa and Juarsa, Osa and Hasnawati, Hasnawati (2014) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-den.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-den.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar, mengembangkan karakter tanggung jawab siswa, dan mendeskripsikan prosedur penggunaan Model NHT dan VCT pada pembelajaran PKn . Jenis Penelitiannya ialah penelitian tindakan kelas. Pada tahap pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus, disetiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar non tes dan tes. Lembar non tes terdiri dari lembar observasi guru, siswa, afektif, psikomotor, dan karakter tanggung jawab, sedangkan lembar tes berupa soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT dan VCT dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan mengembangkan karakter tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SD Negeri 71 Kota Bengkulu. Prosedur penerapan Model NHT yang dapat meningkatkan aktivitas, hasil, dan karakter tanggung jawab terdiri atas: mengkondisikan siswa, menyampaikan apersepsi, menyampaikan topik dan tujuan, membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, memberikan pertanyaan dan nomor, memberikan pertanyaan kepada siswa, menyimpulkan materi, memberikan penghargaan atau reward. Prosedur penerapan VCT terdiri atas: mengkondisikan siswa, menyampaikan apersepsi, menyampaikan topik dan tujuan, membagikan LKS, melontarkan pertanyaan yang dilematis, siswa menyampaikan hasil pekerjaan disertai argumen, memberikan pesan moral, menyimpulkan materi, memberikan penghargaan atau reward.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2014 15:42
Last Modified: 06 Oct 2014 15:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8789

Actions (login required)

View Item View Item