STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPRATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN JIGSAW PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N 03 KOTA BENGKULU

Eldiana, Eldiana and Gunawan, Ansyori and Dalifa, Dalifa (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPRATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN JIGSAW PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eld.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-eld.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika dengan menerapkan model koopartif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest comparasion group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas VB yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen II yang telah dinyatakan homogen, dan kelas VA di SD 25 sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen terlebih dahulu diuji validitasnya dengan Ahli. Instrumen yang digunakan untuk pengumpul data yaitu tes yang terdiri dari 20 soal isian, sebelumnya instrumen diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda soal dan telah teruji kelayakannya. Analisis data diambil dari hasil pretest dan postest siswa kelas eksperimen, dari nilai postest siswa kelas eksperimen I diperoleh rata-rata yaitu 56,36 dan kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 54,84. Analisis data dilakukan dengan pengujian normalitas, homogenitas, dan uji t dengan taraf signifikansi 5 % . Berdasarkan perhitungan uji t maka didapat t-hitung = 0,39 < t-tabel = 1,997 maka H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Kooperatif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 07 Oct 2014 14:49
Last Modified: 07 Oct 2014 14:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item