STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS IV SDN 81 KOTA BENGKULU

Tria, Euis and Winarni, Endang Widi and Muktadir, Abdul (2014) STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS IV SDN 81 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-eus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan scientific di kelas IV SDN Negeri 81 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) dalam tahap perencanaan guru tidak melaksanakan. Karena guru hanya berpedoman pada buku guru yang telah disiapkan oleh pemerintah dalam pengimplementasian kurikulum 2013 sehingga menyebabkan guru merasa tidak perlu lagi untuk membuat silabus dan RPP untuk proses pembelajaran., 2) pada tahap pelaksanaan pembelajarannya sudah runtut mulai dari tahapan pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup. Hanya saja pada kedua guru ini belum melaksanakan kelima tahapan dari pendekatan scientific, 3) dalam proses pembelajaran guru belum terlihat melakukan penilaian pada ketiga aspek penilaian yang ada pada kurikulum 2013, 4) untuk tahap tindak lanjut, guru belum melaksanakan pemberian tindak lanjut kepada siswa. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran Tematik dengan menggunakan pendekatan Scientific belum sepenuhnya bejalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 07 Oct 2014 15:29
Last Modified: 07 Oct 2014 15:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8807

Actions (login required)

View Item View Item