PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DIKOLABORASIKAN DENGAN MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

Jum’at Tia, Faila and Dalifa, Dalifa and Noperman, Feri (2014) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DIKOLABORASIKAN DENGAN MODEL COOPERATIVE TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fai.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-fai.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Creative Problem Solving dikolaborasikan dengan model cooperative tipe Team Game Turnamen. pada siswa kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu. Jenis penlitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil dalam penelitian ini, siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 42,12 kategori baik, siklus II 47,25 kategori baik. Rata-rata observasi aktivitas siswa siklus I 37,12 kategori cukup, siklus II 47 kategori baik. Siklus I diperoleh rata-rata tes 64,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 70%, siklus II rata-rata tes 78,44 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,66%. Rata-rata persentase aspek afektif untuk aspek mengelola siklus I 23,33%, siklus II 53,33%, aspek menghayati siklus I 30%, siklus II 55,16%, aspek menanggapi siklus I 31,66%, siklus II 59,99%., aspek menerima siklus 28,33%, sisklus II 60%. Rata-rata persentase aspek psikomotor aspek menirukan siklus I 33,33%, siklus II 56,66%, aspek artikulasi siklus I 43,33%, siklus II 61,66%, aspek memanipulasi siklus I 38,33%, siklus II 56,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dikolaborasikan dengan model cooperative tipe Team Game Turnamen dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada Kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 07 Oct 2014 15:37
Last Modified: 07 Oct 2014 15:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item