STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KOTA BENGKULU

Az-Zahra , Siti Fatimah and Winarni, Endang Widi and V. Karjiati, V. Karjiati (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fat.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-fat.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar pembelajaran tematik menggunakan model PBL dan Interaktif dikelas IV SDN 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan matching pretest postest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Kota Bengkulu yang terdiri dari dua kelas dan keseluruhannya dijadikan sampel yaitu kelas IVA dan IVB. yang dijadikan kelas eksperimen 1 ialah kelas IVB dan kelas eksperimen 2 ialah kelas IVA. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji t dengan menggunakan data peningkatan pretest dan posttest kedua kelas sampel. diperoleh bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek sikap antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran interaktif, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek keterampilan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran interaktif, (3 tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek pengetahuan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran interaktif pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 01 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 07 Oct 2014 15:40
Last Modified: 07 Oct 2014 15:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8809

Actions (login required)

View Item View Item