Ferdialuri, Fella and Yusuf, Syahril and Winarni, Endang Widi (2014) STUDI KOMPARASI HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE SSCS DAN CPS MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fel.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-fel.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Pembelajaran Tematik dengan menerapkan model PBL tipe SSCS dan PBL tipe CPS melalui pendekatan Scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan matching pretest-posttest comparison group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas IVA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas IVB yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar aspek pengetahuan, lembar penilaian aspek sikap, dan lembar penilaian aspek keterampilan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil belajar aspek pengetahuan thitung 0,79 < ttabel 2,02 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek pengetahuan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran model PBL tipe SSCS dan tipe CPS melalui pendekatan scientific. Uji-t yang dilakukan pada hasil belajar aspek sikap diperoleh thitung 0,44 < ttabel 2,02 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek sikap yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran model PBL tipe SSCS dan tipe CPS melalui pendekatan scientific. Uji-t yang dilakukan pada hasil belajar aspek keterampilan di lembar observasi diperoleh thitung 0,27 < ttabel 2,02 dan pada penilaian portofolio diperoleh thitung -0,2 < ttabel 2,02 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek keterampilan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran model PBL tipe SSCS dan tipe CPS melalui pendekatan scientific.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 07 Oct 2014 15:49 |
Last Modified: | 07 Oct 2014 15:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8810 |
Actions (login required)
View Item |