PENERAPAN METODE EKSPERIMENUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPADI KELAS V SD NEGERI 32 SELUMA

Herni, Hunifal and Daimun, Daimun and Resnani, Resnani (2014) PENERAPAN METODE EKSPERIMENUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPADI KELAS V SD NEGERI 32 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III,II-14-hun.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-hun.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (687kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPA dengan menerapkan Metode Pembelajaran Eksperimendi kelas V SD Negeri 32Seluma.Permasalahan pembelajaran IPA yang dialami oleh siswa antara lain: pembelajaran IPA yang dilakukan pada kelas tersebut masihbersifat konvensional, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, seluruhinformasi yang diperoleh berasal dari guru hal ini menyebabkan siswa kurangaktif dan mengakibatkan kejenuhan pada siswa, siswa cenderung kurangmemperhatikan pelajaran dan sibuk dengan kegiatan sendiri.Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakandalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas V SD Negeri 32Seluma yangberjumlah 38 orang siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar pengamatan, danlembar tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan persentaseketuntasan belajar, sedangkan data pengamatan dianalisis dengan rata-rata skor,skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Hasilyang dicapai dalam penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I diperolehrata-rata skor 30 dengan kriteria baik, meningkat pada pada siklus II dengan rata-rata 36 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa padasiklus I diperoleh rata-rata skor 26 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II dengan rata-rataskor 33 dengan kriteria baik. Kemudian untuk hasil data tessiklus I mendapat nilai rata-rata 6,78 dengan ketuntasan belajar klasikal 60,52% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 7,00 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,68%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwamelalui metode pembelajaran ksperimendapatmeningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan aktivitas guru dansiswa dalam proses pembelajaran IPA khususnya di kelas V SD Negeri 32Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:04
Last Modified: 08 Oct 2014 10:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item View Item