STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 60 KOTA BENGKULU

Wahyudati , Ida and Wurjinem, Wurjinem and Anggraini, Dwi (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) DAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 60 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ida.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ida.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan model matching pretest-posttest comparison group design. Populasinya adalah siswa kelas V SDN 60 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas VC yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VA sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar aspek kognitif, lembar observasi siswa aspek afektif, dan lembar observasi siswa aspek psikomotor. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh t hitung aspek kognitif= 0,66, t hitung aspek afektif=-0,02, ttabel = 2,00. Uji-t hasil belajar aspek psikomotor thitung = 4,29, ttabel = 2,00, berarti t hitung > t tabel . Dari hasil yang didapat dari Uji-t maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek kognitif dan afektif antara Model Kooperatif Tipe STAD dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan terdapat perbedaan pada aspek psikomotor anatar Model Kooperatif Tipe STAD dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:09
Last Modified: 08 Oct 2014 10:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item View Item