STUDI DESKRIPTIF PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Indrawati, Indrawati and Wurjinem, Wurjinem and Tarmizi, Pebrian (2014) STUDI DESKRIPTIF PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ind.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ind.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penanaman nilai karakter yang dilakukan guru dalam pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru yang mengajar IPS di kelas V dan Siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran IPS telah memuat identitas mata pelajaran, memilih SK dan KD, tujuan pembelajaran, alokasi waktu, materi ajar, langkah-langkah kegiatan yang meliputi kegiatan pendahuluan, merencanakan penilaian dan sumber belajar, sedangkan yang belum dibuat adalah indikator, memilih model pembelajaran dan metode (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu telah terintegrasi dengan penanaman nilai karakter religius yang dilakukan dengan kegiatan berdoa, Penanaman semangat kebangsaan yang dilakukan dengan menyanyikan lagu Nasional, penanaman karakter kerja keras, tanggung jawab, dilakukan dengan diskusi kelompok dengan bahan diskusi yang berbeda-beda setiap kelompoknya, penanaman nilai toleransi yang dilakukan dengan pembentukan kelompok yang selalu berubah. Selain itu guru berusaha mencerminkan karakter yang baik untuk dijadikan teladan dan senantiasa memperikan penghargaan, penilaian terhadap sesuatu yang telah dilakukan oleh siswa, (3) Penilaian karakter pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu belum dilakukan secara optimal dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:13
Last Modified: 08 Oct 2014 10:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8820

Actions (login required)

View Item View Item