PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VC SDN 60 KOTA BENGKULU

Sundari, Inggit and Hambali, Daimun and Yusuf, Syahril (2014) PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VC SDN 60 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ing.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ing.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VC SDN 60 Kota Bengkulu yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VC SDN 60 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru dan siswa serta tes membaca pemahaman siswa. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 37,25 dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 47,25 kriteria baik, sementara selisih skor adalah 10. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 37,75 dengan kriteria cukup dan pada siklus II di peroleh rata-rata skor 46 kriteria baik dengan selisih skor 8,25. Adapun untuk hasil kemampuan membaca pemahaman pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 67 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 67,7 %, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 74 dengan ketuntasan belajar membaca pemahaman secara klasikal mencapai 90,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan strategi PQ4R dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa SDN 60 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:19
Last Modified: 08 Oct 2014 10:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8821

Actions (login required)

View Item View Item