PENGGUNAAN MODEL DIRECT INTRUCTION MELALUI STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IVA SDN 25 KOTA BENGKULU

Widyaningsih, Ita and Hambali, Daimun and Anggraini, Dwi (2014) PENGGUNAAN MODEL DIRECT INTRUCTION MELALUI STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IVA SDN 25 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ita.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ita.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tujuannya meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan penggunaan model direct intruction melalui strategi mind mapping pelajaran Bahasa Indonesia kelas IVA SDN 25 Kota Bengkulu. Subjek penelitian guru dan siswa, instrumen yang digunakan lembar tes dan non tes, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN 25 Kota Bengkulu dengan jumlah 24 orang. Instrumen penelitian berupa lembar non tes dan tes. Data observasi dianalisis menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis menggunakan persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata skor 47,5 dengan kriteria cukup dan siklus II meningkat menjadi 52,5 dengan kriteria baik, selisih skor 5. Aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata skor 47,75 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 52,25 kriteria baik dengan selisih skor 4,5. Hasil kemampuan menulis karangan deskripsi siswa siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 44,04, ketuntasan belajar klasikal 33,3%. Siklus II meningkat menjadi rata-rata kelas 62,08 dan ketuntasan belajar 83,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction melalui strategi mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IVA SDN 25 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:24
Last Modified: 08 Oct 2014 10:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item View Item