PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALICATION, INTELECTUALLY (SAVI) DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VA SD 68 KOTA BENGKULU

Gulrom, Fernando Iyan and Yuliantini, Nani and Dadi, Sri (2014) PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALICATION, INTELECTUALLY (SAVI) DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VA SD 68 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-iya.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-iya.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui penerapan Model Somatic, Auditory, visualication, Intelectually (SAVI) dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observsi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN 68 Kota Bengkulu pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar non tes berupa lembar observasi guru dan siswa, afektif dan psikomotor, serta lembar tes berupa lembar kemampuan menulis puisi siswa, serta tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Adapun hasil yang diperoleh dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran(1) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai sebesar 64,5 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 72,5 dengan kategori baik, (2) aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai sebesar 67 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 73 dengan kategori baik. Pada siklus I nilai kognitif siswa yakni (a) kemampuan menulis puisi dengan rata-rata yaitu 62,66 dengan ketuntasan belajar klasikal 53,33% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rat-rata 71,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,33%. (b) Untuk aspek afektif pada siklus I diperoleh niali rata-rata sebesar 6,21 dengan kategori baik sebanyak 10 orang, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi sebesar 7,75 dengan kategori baik sebanyak 25 orang.(c) Untuk aspek psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 6,15 dengan kategori baik sebanyak 10 orang siswa meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 7,56 dan siswa yang mendapat kategori baik sebanyak 24 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Somatic, Auditory, visualication, Intelectually (SAVI) dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dalam menulis puisi dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis puisi di kelas VA SD Negeri 68 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:32
Last Modified: 08 Oct 2014 10:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8823

Actions (login required)

View Item View Item