PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KONKRET PADASISWA KELAS III SD NEGERI 15 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH

Simbolon, Jolhan and Resnani, Resnani and Sahono, Bambang (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KONKRET PADASISWA KELAS III SD NEGERI 15 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-jol.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-jol.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (346kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pada pentingnya penggunaan alat peraga benda asli dalam pembelajaran matematika, terutama pada siswa sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “ Apakah dengan penggunaan alat peraga asli dapat meningkatkan keterampilan belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas III SD Negeri 15 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah?” Objek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 15 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah, dengan metode penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Jumlah objek dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa (20 laki-laki dan 16 perempuan).Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sistem siklus. Hasil siklus dianalisis menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai : pada siklus I rata-rata yaitu 5,75. Nilai tersebut menunjukkan hasil pada kriteria kurang. Sedangkan pada Post Test di siklus I diperoleh nilai rata-rata 4,79. Dari rata-rata tersebut diperoleh hasil daya serap siswa 3,32. Sedangkan pada siklus II masih dalam kriteria kurang, dari pengalaman siklus I dan II serta memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada maka pada siklus III semkin jelas hasil dan peningkatannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata siswa menjadi 6,85 dari ketuntasan belajar berada pada 60% -- 69% dalam kategori cukup. Sedangkan frekuensi aktifitas siswa meningkat menjadi kriteria baik, jika dilihat dari skor maksimal 9 maka diperoleh angka 8,28 berada pada rentang 80% -- 89%. Dari hasil pencapaian pada ke-3 siklus ini diperoleh kesimpulan bahwa pencapain hasil belajar terhadap penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika mencerminkan adanya peningkatan pemahaman dan termotivasinya siswa dalam penyelesaian soal dengan mengguanakan alat peraga benda asli.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:38
Last Modified: 08 Oct 2014 10:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item