Saribi, KMS, Muharam and Yuliantini, Nani and Hasnawati, Hasnawati (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA KELAS V SDN 55 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-muh.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (656kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-muh.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas V SDN 55 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 55 kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar obervasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data Teknik analisis dan data tes kemampuan menulis karangan deskripsi. Data observasi dianalisis menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata observasi aktivitas guru pada siklus I 43,5 (Cukup) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 48 (Baik). Rata-rata observasi aktivitas siswa pada siklus I 43 (Cukup) dan meningkat pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata 50,5 (Baik). Hasil tes menulis karangan deskripsi siklus I 68,05 dengan ketuntasan belajar klasikal 31,57%, meningkat siklus II 80,27 dengan ketuntasan klasikal 77,27%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas V SDN 55 Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 08 Oct 2014 10:49 |
Last Modified: | 08 Oct 2014 10:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8826 |
Actions (login required)
View Item |