STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TGT PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU

Fitri, Kurnia and Winarni, Endang Widi and Noperman, Feri (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TGT PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-kur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-kur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Mata Pelajaran IPA melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain matching pretest-posttest comparison group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 20 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen I melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT dan kelas VB yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen II melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar aspek kognitif, lembar penilaian aspek afektif, dan lembar penilaian aspek psikomotor. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh thitung aspek kognitif = 1,27, thitung aspek afektif = 0,33, dan thitung aspek psikomotor = 0,18. Sedangkan ttabel pada derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 diperoleh ttabel = 2,00 yang berarti thitung < ttabel sehingga H0 yang diterima. Jadi, tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Kooperatif NHT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model kooperatif TGT pada Mata Pelajaran IPA kelas V SDN 20 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:55
Last Modified: 08 Oct 2014 10:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item