KOLABORASI VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERTA MENGEMBANGKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA (PTK pada Pembelajaran PKn Kelas VB SD Negeri 25 Kota Bengkulu)

Mirati, Mirati and Yusuf, Syahril and Lukman, Lukman (2014) KOLABORASI VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERTA MENGEMBANGKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA (PTK pada Pembelajaran PKn Kelas VB SD Negeri 25 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mir.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mir.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur penerapan kolaborasi VCT dengan teknik kancing gemerincing, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mengembangkan karakter demokratis siswa dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Pada tahap pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, disetiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar non tes dan tes. Lembar non tes terdiri dari lembar observasi guru, siswa, afektif, psikomotor dan karakter demokratis, sedangkan lembar tes berupa soal evaluasi. Prosedur penerapan langkah-langkah pembelajaran kolaborasi VCT dengan teknik kancing gemerincing terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) Tahap kebebasan memilih : pengkondisian kelas, apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi dan stimulus berupa kasus cerita, tanya jawab lisan (pertanyaan individual), pembentukan kelompok dan ketua kelompok secara heterogen, pembagian LDS dan bola warna, penjelasan langkah-langkah teknik kancing gemerincing, diskusi kelompok mengerjakan LDS dengan menerapkan teknik kancing gemerincing. (2) Tahap menghargai : penjelasan kancing gemerincing untuk pelaksanaan diskusi kelas, melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas dengan penerapan kancing gemerincing, guru dan siswa melakukan dialog terpimpin,(3) Tahap berbuat : pembahasan, pembuktian argument, mengklarifikasi nilai dan pemantapan materi, pemberian kesempatan bertanya, penarikan kesimpulan, evaluasi, penghargaan kelompok, penutupan. Melalui penarapan kolaborasi VCT dengan teknik kancing gemerincing maka penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mengembangkan karakter demokratis siswa. Berdasarkan analisis data menunjukkan pada siklus I observasi aktivitas guru berada pada kategori cukup, pada siklus II meningkat pada kategori baik. Penilaian afektif siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus II meningkat pada kategori baik. Penilaian psikomotor pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Perkembangan karakter demokratis pada siklus I berada pada kategori Mulai Terlihat (MT) sebesar 56 % meningkat menjadi 73,55%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kolaborasi value clarification technique (VCT) dengan teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mengembangkan karakter demokratis siswa pada mata pelajaran PKn kelas VB SD Negeri 25 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 15:54
Last Modified: 08 Oct 2014 15:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8832

Actions (login required)

View Item View Item