KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERTA PENGEMBANGAN KARAKTER KERJASAMA PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA DI KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU

Gherardini, Monalisa and Yusuf, Syahril and Muktadir, Abdul (2014) KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERTA PENGEMBANGAN KARAKTER KERJASAMA PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA DI KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mon.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mon.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan pengembangan karakter kerjasama siswa serta untuk mendeskripsikan prosedur penerapan Kolaborasi Model TAI dan Talking Stick dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Model Talking Stick di kelas VA SDN 25 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru kelas VA SDN 25 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, nilai afektif, nilai Psikomotor, hasil belajar siswa dan pengembangan karakter kerjasama serta dapat merumuskan langkah-langkah penerapan Kolaborasi Model TAI dengan Model Talking Stick yaitu menyiapkan tongkat, membagi siswa dalam kelompok, placement test, penyampaian materi, Team Study, permainan talking stick, skor and team Recognition, Teaching Group, tes fakta, Whole Class Unit. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui Kolaborasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran PKn, dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat mengembangkan karakter kerjasama siswa pada mata pelajaran PKn khususnya di kelas VA SDN 25 Kota Bengkulu serta dapat mendeskripsikan langkah-langkah penerapan kolaborasi model TAI dengan model Talking stick.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 08:56
Last Modified: 09 Oct 2014 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item