HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN MORAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU

Nurrochman, Muh. Fendi and Dalifa, Dalifa and Noperman, Feri (2014) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN MORAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-muh.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-muh.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara (variabel X) kecerdasan moral dengan (variabel Y) hasil belajar pada siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen dalam penelitian ini, yaitu angket kecerdasan moral dan dokumentasi berupa nilai ujian bulan April siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014. Penelitian diawali dengan melaksanakan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrumen penelitian berupa angket kecerdasan moral. Hasil uji validitas diperoleh data bahwa, terdapat 28 item instrumen yang dinyatakan valid dari 40 item instrumen yang diujicobakan. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,896. Berdasarkan data tersebut, maka 28 item instrumen angket kecerdasan moral dinyatakan reliabel. Setelah itu angket kecerdasan moral disebar pada sampel sebenarnya. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis terhadap data angket dan dokumentasi dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai r hitung sebesar 0,752 dan nilai r tabel dengan taraf signifikasi 0,05 sebesar 0,355. Diketahui nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel, maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan moral dengan hasil belajar pada siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 09:06
Last Modified: 09 Oct 2014 09:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item