STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Ariffiando, Nady Febri and Muktadir, Abdul and Dadi, Sri (2014) STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nad.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nad.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Tematik dengan menerapkan pendekatan Saintifik di kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV A dan kelas IV B di SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kueisioner. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Pada perencanaan pembelajaran, terdapat komponen- komponen yang sudah lengkap, diantaranya: (a) Identitas RPP, (b) Kompetensi inti/KI, (c) Materi pembelajaran, (d) Pendekatan/metode (e) Alat,Media dan sumber yang digunakan; 2) Pada pelaksanaan pembelajaran guru terlihat belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan saintifik, hal ini terlihat dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, masih terdapat komponen pendekatan saintifik yang belum dilaksanakan yaitu menanya dan mencoba; 3) Guru juga belum maksimal dalam melakukan tahap evaluasi yang terdiri dari penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa. Hal ini terlihat dari hasil penelitian, guru belum melakukan penilaian ketiga aspek tersebut secara maksimal dengan menggunakan instrumen penilalian masing-masing dari setiap aspek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan saintifik, masih kurang dan perlu ditingkatkan, sehingga siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 09:30
Last Modified: 09 Oct 2014 09:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8840

Actions (login required)

View Item View Item