Masyitah, Nanda and Djuwita, Puspa and Resnani, Resnani (2014) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nan.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (527kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nan.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (26MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penanaman nilai toleransi melalui pembelajaran PKn kelas IV SDN 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PKn kelas IVC dan IVA. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam penanaman nilai toleransi melalui pembelajaran PKn kelas IV meliputi: (1) desain pembelajaran PKn, guru tidak mengkaji SK dan KD dan belum mencantumkan nilai toleransi pada silabus dan RPP. Guru belum memasukkan nilai toleransi dalam tujuan pembelajaran dan tujuan pembelajaran masih terfokus pada aspek pengetahuan. Pengembangan materi sudah dilakukan guru dengan cukup baik dikembangkan melalui internet, menggunakan power point; (2) pelaksanaan pembelajaran PKn sudah terlihat ada penanaman nilai toleransi yang ditunjukkan dengan upaya guru bercerita mengenai keragaman, misalnya asal daerah siswa yang beragam. Guru memberikan pemahaman bahwa semua orang berhak mendapatkan perlakuan baik. Guru juga menunjukkan hal-hal positif tentang keragaman seperti menghormati melalui karakter tokoh masyarakat. Guru menayangkan video kerja sama antara Indonesia dan India yang dapat rukun, bekerja sama di atas panggung meskipun memiliki budaya yang berbeda. Guru juga menerapkan pertukaran teman sebangku setiap sebulan sekali; (3) pelaksanaan evaluasi sikap yang dilakukan oleh guru belum dilaksanakan dengan cukup baik karena hanya terfokus pada penilaian kognitif . Pengamatan sikap ada dilakukan guru namun tidak terdapat lembar pengamatan.Dapat disimpulkan bahwa sudah mulai tampak terdapat penanaman nilai toleransi melalui pembelajaran PKn di kelas IV SDN 20 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 09 Oct 2014 09:44 |
Last Modified: | 09 Oct 2014 09:44 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8842 |
Actions (login required)
View Item |