PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA SISWA KELAS II SDN 02 PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Ngatini, Ngatini and Hambali, Daimun and Resnani, Resnani (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA SISWA KELAS II SDN 02 PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nga.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nga.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB) | Preview

Abstract

Ngatini. 2014.Peningkatan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Matematikadengan Menggunakan Metode Jarimatika Siswa Kelas II SDN 02 PematangTiga Kabupaten Bengkulu Tengah.Skripsi. Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan, Universitas Bengkulu.Penelitian ini dilakukan karena masih kurangnya aktivitas belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap rendahnya tingkat ketuntasan nilai Matematika siswa kelas IISDN 02 PematangTiga Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, dengan penerapan Metode Jarimatikamenggunakan media jari tanganpada mata pelajaran Matematikakelas IISDN 02 PematangTiga Kabupaten Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 29 dengan kriteria cukup meningkat dan pada siklus II dengan rata-rata skor menjadi 35,25 dengan kriteria baik.Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata- rata skor 28 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata- rata skor 36,5 dengan kriteria baik. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 68,74 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 27,58%, dan untuk siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 72,56 dengan ketuntasan belajar secara kiasikal mencapai 89,65%. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan Metode Jarimatikamenggunakan media jari tangan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IISDN 02 PematangTiga Kabupaten Bengkulu Tengah pada pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 10:12
Last Modified: 09 Oct 2014 10:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item