STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU

Puspa, Nopsi Eka and Gunawan, Ansyori and Lusa , Herman (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nov.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nov.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran Matematika menggunakan model PBL dan Inkuiri pada kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu. metode Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 45 Kota Bengkulu. pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak tetapi pengambilan kelompok tidak secara acak tetapi berpasangan. Maka, menggunakan model desain Matching Pretest and Posttest Comparison Group Design sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas VB yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VE SD N 42 sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t kelas VA dan VB pada aspek kognitif siswa adalah sebagai berikut:Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t. Apabila tabel hitung tt  berarti tidak terdapat perbedaan yang siginifikan antara kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II dan sebaliknya jika tabel hitung tt  berarti terdapat perbedaan yang siginifkan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hasil pengujian hipotesis terhadap kedua kelas sampel.menunjukkan bahwa nilai hitung t sebesar 0,02 lebih kecil dari pada nilai tabel t pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67 Untuk berada di daerah penerimaan dan penolakan . Artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang siginifikan pada aspek pengetahuan antara kelas eksperimen I dibandingkan dengan kelas eksperimen II. Hasil ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen I yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model PBL memiliki hasil belajar yang tidak jauh berbeda dibandingkan kelas eksperimen II yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 10:30
Last Modified: 09 Oct 2014 10:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8847

Actions (login required)

View Item View Item