PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK: PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU)

Ostarika, Ona and Dadi, Sri and Resnani, Resnani (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK: PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ona.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ona.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe group investigation (GI) dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) meningkatkan aktivitas pembelajaran: (a) aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 46 dengan kriteria cukup, siklus II meningkat menjadi 55,5 dengan kriteria baik, (b) aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 45 dengan kriteria cukup, siklus II meningkat menjadi 55 dengan kriteria baik. (2) meningkatkan hasil pembelajaran; (a) kognitif: (1) LDS siklus 1 sebesar 69,6 dengan ketuntasan belajar 50%, meningkat pada siklus 2 menjadi 80 dengan ketuntasan belajar 83,3 %, (2) nilai tes siklus I sebesar 72,7 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,66% meningkat pada siklus II menjadi 74,83 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 76,6 %. (b) rata-rata skor afektif siklus 1 sebesar 9,92 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 12 dengan kriteria baik, (c) rata-rata skor psikomotor siklus 1 sebesar 7,73 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 9,66 dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar khususnya siswa kelas V SD Negeri 50 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2014 14:38
Last Modified: 10 Oct 2014 14:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item