STUDI DESKRIPTIF KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU

Istiqomah, Putri and Hambali, Daimun and Lukman, Lukman (2014) STUDI DESKRIPTIF KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-put.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAM,II-14-put.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam pembelajaran puisi yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia kelas V SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pembelajaran puisi telah dilaksanakan, meliputi 1) perencanaan pembelajaran puisi dilakukan guru bahasa Indonesia di kelas V dengan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran meliputi identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar; 2) pelaksanaan pembelajaran puisi telah dilaksanakan dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan menggunakan media ular tangga untuk menarik perhatian siswa dan membantu siswa menemukan ide dalam menulis puisi; 3) evaluasi pembelajaran puisi dilakukan guru sesuai dengan penilaian puisi meliputi aspek tema, diksi, dan imaji tetapi belum menilai puisi siswa berdasarkan aspek pemajasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dalam pembelajaran puisi yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia kelas V dapat dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2014 15:03
Last Modified: 10 Oct 2014 15:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item View Item