KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKUKAN KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 03 HULU PALIK KABUPATEN BENGKULU UTARA

Armayanti, Ria and Lukman, Lukman and Gunawan, Ansyori (2014) KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKUKAN KEGIATAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 03 HULU PALIK KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ria.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ria.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran di SD 03 Hulu Palik. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV, V, VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. uji kredibilitas data melalui triangulasi serta teknik analisis data yaitu pengelolaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu guru telah melakukan gaya mengajar, guru telah menggunakan alat bantu mengajar, pola interaksi guru dan siswa terjalin sangat baik, guru telah memberikan semangat dan antusias kepada siswa saat pembelajaran, guru telah menimbulkan rasa ingin tahu kepada siswa, guru mengatasi pendapat siswa yang bertentangan, guru membandingkan pengetahuan baru dengan yang sudah diketahui siswa melalui media gambar, guru telah membuat kaitan antara aspek yang relevan, guru telah menyampaikan tujuan dengan jelas dan suara yang lantang, guru menyampaikan apersepsi kepada siswa saat pembelajaran, guru telah mengusahakan kesinambungan dengan cara menanyakan kembali materi yang sudah diajarkan kemarin, guru telah merangkum inti pembelajaran, guru mendemonstrasikan keterampilan dengan cara meminta siswa ke depan kelas, guru memuji hasil yang dicapai oleh siswa dengan memberikan pujian, guru mendorong siswa untuk lebih semangat belajar dalam mencapai kompetensi yang tinggi, guru memberikan harapan positif terhadap kegiatan belajar yang baru saja dilaksanakan, guru meyakinkan potensi siswa terhadap keberhasilan pencapaian kompetensi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran yang optimal yaitu variasi gaya mengajar guru, penggunaan alat bantu mengajar, variasi dalam pola interaksi, semangat dan antusias , menimbulkan rasa ingin tahu, mengatasi pendapat siswa yang bertentangan, mengusahakan kesinambungan, mengemukakan tujuan, membuat kaitan antara aspek yang relevan, membandingkan pengetahuan baru dengan yang sudah diketahui siswa, mencari batu loncatan, soal-soal tertulis , merangkum inti pembelajaran, memuji hasil yang dicapai oleh siswa dengan memberikan pujian, mendorong siswa untuk lebih semangat belajar dalam mencapai kompetensi yang lebih tinggi, memberikan harapan positif terhadap kegiatan belajar yang baru saja dilaksanakan, meyakinkan akan potensi dan kemampuan siswa terhadap keberhasilan pencapaian kompetensi belajar dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Keterampilan guru yang belum dilakukan dengan optimal yaitu mengaplikasikan ide baru pada situasi yang lain, dan membuat ringkasan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2014 15:37
Last Modified: 10 Oct 2014 15:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8864

Actions (login required)

View Item View Item