ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IVA SDN 17 KOTA BENGKULU

Fatimah, Friolita Riska and Hambali, Daimun and Gunawan, Ansyori (2014) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IVA SDN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-riz.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-riz.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (857kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis pantun karya siswa kelas IVA SDN 17 kota Bengkulu. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Data dokumen berjumlah 31 buah pantun. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif melalui teknik analisis deskriptif. Dari analisis data menunjukkan bahwa (1) kesesuaian dengan kriteria pantun yang digunakan termasuk kategori cukup dengan rata-rata persentase 73,1%, (2) kemenarikan isi pantun yang digunakan belum tercapai tahap menarik, termasuk kategori cukup dengan rata-rata persentase 70%, (3) kekuatan imajinasi yang digunakan termasuk kategori cukup dengan rata-rata persentase 64,6%, (4) ketepatan diksi dan ejaan yang digunakan siswa termasuk kategori cukup dengan rata-rata persentase 56,3%, (5) kebaharuan tema pantun yang digunakan meliputi pantun agama, pantun jenaka dan pantun nasehat, kebanyakan siswa hanya dapat membuat pantun nasehat. Pada aspek ini termasuk kategori cukup dengan rata-rata persentase 67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata persentase kelima aspek dalam menulis pantun adalah 66,9% dan masuk kategori cukup. Disarankan kepada guru kelas IVA untuk mengajarkan materi pantun lebih jelas lagi dan memberikan contoh pantun yang baru bukan mengulang pantun lamayang sudah ada. 

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2014 15:53
Last Modified: 10 Oct 2014 15:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8868

Actions (login required)

View Item View Item