HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDIT IQRA’1 KOTA BENGKULU

Fitriyani, Rossy and Dadi, Sri and Lusa , Herman (2014) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDIT IQRA’1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ros.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ros.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan motvasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SDIT IQRA’1 kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa kelas tinggi SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus “Korelasi Product Moment” dan “Korelasi Ganda”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan rx1y = 0,616, r2x1y = 0,3794, thitung 5,851. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan rx2y = 0,747 ,r2x2y = 0,5580, thitung 8,408, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan rx1x2y = 0,768, r2x1x2y = 0,5898, dan Fhitung = 91,42. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa kelas IV dan V SDIT IQRA’1Kota Bengkulu, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2014 16:09
Last Modified: 10 Oct 2014 16:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8871

Actions (login required)

View Item View Item