PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V B SDN 20 KOTA BENGKULU

Utami , Selvi Ayu and Dalifa, Dalifa and Lusa , Herman (2014) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V B SDN 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sel.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sel.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V B SD Negeri 20 Kota Bengkulu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode outdoor study dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, penilaian kognitif, afektif dan psikomotor. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran. Data tes dianalisis menggunakan rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar klasikal. Dari hasil analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata- rata skor observasi guru sebesar 39 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 42,75 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 39 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat sebesar 43,25 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 68,75% dengan nilai rata-rata 79,68 pada siklus II meningkat menjadi 90,625% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 90,31. Pengamatan afektif pada siklus I dan siklus II meningtkat setiap aspek, aspek menerima menunjukkan perolehan yang paling tinggi yaitu dari 35,92% ke 56,25% telah mencapai tingkat sangat baik (A). Begitu pula psikomotor siswa juga meningkat setiap aspek, aspek yang menunjukkan peningkatan paling tinggi yaitu aspek memanipulasi dari 28,125% ke 34,375% siswa telah mencapai tingkat sangat baik (A).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode outdoor study dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa di kelas VB SD Negeri 20 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 10 Oct 2014 16:26
Last Modified: 10 Oct 2014 16:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8875

Actions (login required)

View Item View Item