STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN 20 KOTA BENGKULU

Marlina, Sherly and Dadi, Sri and Dalifa, Dalifa (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-she.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-she.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan matching pretest-posttest comparison design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 20 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas VB yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VC sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil belajar aspek kognitif thitung -0,79 < ttabel 2,00 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT. Uji-t yang dilakukan pada hasil belajar aspek afektif diperoleh thitung 0,35< ttabel 2,00 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek afektif yang signifikan dengan menerapkan pembelajaran tipe STAD dan tipe TGT. Uji-t yang dilakukan pada hasil belajar aspek keterampilan di lembar observasi diperoleh thitung 4,22> ttabel 2,00 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar aspek psikomotor yang signifikan dengan menerapkan pembelajaran model PBL tipe STAD dantipe TGT

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 08:27
Last Modified: 13 Oct 2014 08:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item