UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMUPENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN MENERAPKAN METODE BRAINSTORMING MELALUI KELOMPOK KECIL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 33 SELUMA KABUPATEN SELUMA

Tarusmawati, Tarusmawati and Hambali, Daimun and Resnani, Resnani (2014) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMUPENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN MENERAPKAN METODE BRAINSTORMING MELALUI KELOMPOK KECIL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 33 SELUMA KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-tar.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-tar.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (742kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS dengan menerapkan Metode Pembelajaran Brainstorming di kelas V SD Negeri 33 Seluma. Subjek penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas V SD Negeri 33 Seluma yangberjumlah 26 orang. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, danlembar tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan persentaseketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor,skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Hasilyang dicapai dalam penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I diperolehrata-rata skor 30,5 dengan kriteria baik dan pada siklus II rata-rata skor aktivitasguru meningkat menjadi 33 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa padasiklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II rata-rataskor aktivitas siswa meningkat menjadi 30,5. Kemudian untuk hasil data tessiklus I mendapat nilai rata-rata 6,46 dengan ketuntasan belajar klasikal 50% danuntuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 8,06 dengan ketuntasan belajar klasikal84,61%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwamelalui metode pembelajaran Brainstorming dapatmeningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan aktivitas guru dansiswa dalam proses pembelajaran IPS khususnya di kelas V SD Negeri 33 Seluma.Berdaasarkan hasil penerapan dengan model pembelaajaran Brainstorming dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian selanjutnya dari sudut permasalahan yang berbeda.Selain itu dapat diimplementasikan sebagai bahan kajian pendekatan pembelajaran bagi guru untuk diterapkan di Kelas V SDNegeri 33 Kabupaten Seluma sebagai alternative model pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 09:03
Last Modified: 13 Oct 2014 09:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8887

Actions (login required)

View Item View Item