ANALISIS DESKRIPTIF KARAKTER POSITIF DALAM CERITA RAKYAT BENGKULU YANG SESUAI DENGAN USIA ANAK SD

Utami, Tini Wahyu and Muktadir, Abdul and V. Karjiati, V. Karjiati (2014) ANALISIS DESKRIPTIF KARAKTER POSITIF DALAM CERITA RAKYAT BENGKULU YANG SESUAI DENGAN USIA ANAK SD. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,Ii-14-tin.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-tin.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu karakter positif apa saja yang terkandung dalam cerita rakyat Bengkulu. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakter positif dalam cerita rakyat Bengkulu yang sesuai dengan usia anak SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif analisis. Objek penelitiannya adalah cerita rakyat Bengkulu yang sesuai dengan usia anak SD yaitu sebanyak 14 cerita: Raden Burniat, Keramat Riak, Ringgit Putri, Putri Kemang, Sayembara Pandai Tidur, Asal Mula Pohon Enau, Sang Piatu, Batu Amparan Gading, Api Dan Angin dalam Kertas, Karena Budi, Legenda Ular Kepala Tujuh, Puteri Serindang Bulan, Anok Lumang, Benuang Sakti dan Beruk Raksasa. Data penelitian adalah karakter positif dalam cerita rakyat Bengkulu. Pengumpulan data dengan studi pustaka atau dokumentasi. Analisis data dengan memahami, membaca cerita rakyat Bengkulu secara berulang-ulang, mempelajari kata kunci yang berkaitan dengan karakter dalam cerita, kemudian menuliskan karakter tersebut. Hasil penelitian dalam 14 judul cerita diperoleh sebanyak 22 karakter yaitu demokratis, kerja keras, rasa ingin tahu, gigih, disiplin, jujur, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi, peduli/peduli sosial, toleransi, religius, tegas, kebaikan hati, berani, adil, mandiri, kontrol sosial, cinta damai, cinta tanah air, empati dan kreatif. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu, bahwa dalam empat belas cerita yang dianalisis tidak ada satu judul cerita yang menyiratkan secara langsung 22 karakter secara bersamaan, karena setiap judul cerita memiliki tema yang berbeda, sehingga mempengaruhi karakter penokohan dalam cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 09:07
Last Modified: 13 Oct 2014 09:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8889

Actions (login required)

View Item View Item