PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS (PTK KELAS VB SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU)

Handayani, Yayuk and Lusa , Herman and Lukman, Lukman (2014) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS (PTK KELAS VB SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-yay.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-yay.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil pembelajaran IPS siswa kelas VB Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu dengan cara penerapan metode Role Playing (Bermain Peran) melalui media Film Dokumenter. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 68 Kota Bengkulu pada semesterII tahun pelajaran 2013/2014 .Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes.Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 43,5 dengan kategori cukup dan nilai aktivitas siswa sebesar 36,5 dengan kategori cukup,sedangkan dari 31 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 58,06%, dan mendapat nilai rata-rata sebesar 69,1, (2) pada siklus II diperoleh nilai aktivitas guru sebesar 50,5 dengan kategori baik dan nilai aktivitas siswa sebesar 48 dengan kategori baik, sedangkan dari 31 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 77,4% dengan nilai rata-rata sebesar 78,2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Role Playing melalui media Film Dokumenter dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SDNegeri 68 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 09:35
Last Modified: 13 Oct 2014 09:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item