PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA GARIS BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 09 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Yusmaini, Yusmaini and Dharmayana, I Wayan and Sahono, Bambang (2014) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA GARIS BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 09 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-yus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-yus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

.Penerapan Metode Problem Solving Melalui Media Garis Bilangan Bulat Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Skripsi. Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan, Universitas Bengkulu.Penelitian ini dilakukan karena masih kurangnya aktivitas belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap rendahnya tingkat ketuntasan nilai matematika siswa kelas IV SD Negeri 09 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, dengan penerapan metode Problem solving menggunakan media garis bilangan bulatpada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 09 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 27,5 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor 35,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 29,25 dengan kriteria cukup meningkat dan pada siklus II dengan rata-rata skor menjadi 35,5 dengan kriteria baik. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 65,12 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 51%, dan untuk siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 77,34 dengan ketuntasan belajar secara kiasikal mencapai 87,87%. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan metode Problem Solving menggunakan media garis bilangan bulat dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 09 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Pada Pelajaran Matematika .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 09:56
Last Modified: 13 Oct 2014 09:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8898

Actions (login required)

View Item View Item