STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN INTERAKTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU

Yusnia, Yusnia and Winarni, Endang Widi and Karjiyati, Victoria (2014) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN INTERAKTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-yus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-yus.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan antara siswa yang mengikuti pembelajaran tematik menggunakan model inkuiri dan interaktif pada kelas IV SD Negeri 71 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 71 Kota Bengkulu yang berjumlah 103 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas IVA yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas IVC yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan kelas IV SD N 1 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek sikap antara siswa yang mengikuti pembelajaran model inkuiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran interaktif, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek keterampilan antara siswa yang mengikuti pembelajaran model inkuiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran interaktif, (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek pengetahuan antara siswa yang mengikuti pembelajaran model inkuiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 10:00
Last Modified: 13 Oct 2014 10:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8900

Actions (login required)

View Item View Item