PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERKOLABORASI DENGAN COOPERATIVE LEARNING KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VB SDN 09 KOTA BENGKULU)

Adesiodarmadi, Adesiodarmadi and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERKOLABORASI DENGAN COOPERATIVE LEARNING KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VB SDN 09 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ade-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ade-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 09 Kota Bengkulu, melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) berkolaborasi dengan Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas VB SDN 09 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Tes dianalisis menggunakan persentase ketuntasan belajarklasikal, sedangkan obsevasi dianalisis rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil pada siklus I nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 28 (cukup), siklus II meningkat 34,5 (baik). Pada siklus I diperoleh rata-rata skor observasi siswa sebesar 25 (cukup), pada siklus II meningkat 33 (baik). Analisis hasil ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 62,5%, rata-rata 69,06. Siklus II meningkat menjadi 71,87%,rata-rata 74,37. Pengamatan afektif siklus I, menerima 53,12%, menilai 15,62%, menanggapi 25%, mengelola 43,75% dan menghayati 37,5%, meningkat pada siklus II yaitu menerima 59,37% menilai 25%, menanggapi 46,87%, mengelola 56,25% dan menghayati 43,37%. Sedangkan pengamatan psikomotor pada siklus I yaitu, menirukan 34,37%, manipulasi 25%, artikulasi 21,87%, dan pengalamiahan 25% meningkat pada siklus II,menirukan 43,75%, manipulasi 40,62%, artikulasi 28,12%, dan pengalamiahan 31,25%. Disimpulkan bahwa Penerapan Model PBI Berkolaborasi dengan Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VB SD Negeri 09 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 10:14
Last Modified: 13 Oct 2014 10:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8902

Actions (login required)

View Item View Item