PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER DEMOKRASI SISWA

Putra, A’idil and Juarsa, Osa and Karjiyati, Victoria (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER DEMOKRASI SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-aid-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (28MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-aid-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Problem Based Learning menggunakan media ICT, meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan mengembangkan karakter demokrasi siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus. Instrumen yang digunakan lembar observasi guru, siswa, afektif, psikomotor, dan nilai karakter demokrasi, sedangkan lembar tes berupa lembar soal evaluasi. Penerapan model PBL menggunakan media ICT terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Orientasi siswa pada masalah dengan media ICT 2) Mengorganisasikan siswa 3) Membimbing Penyelidikan kelompok 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dengan bantuan media ICT 5) Analisis dan Evaluasi. Dari analisis data dari siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru 28,25 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 37,5 dengan kategori baik. Skor observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 27,75 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 35,75 dengan kategori baik. Penilaian Afektif siklus I diperoleh 11,34 dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 13,34 dengan kategori baik. Penilaian Psikomotor siklus I adalah 9,17 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 10,71 dengan kategori baik. Penilaian karakter demokrasi meningkat pada siklus I dari 14, 285% meningkat 21,425%. Pada siklus I nilai rata-rata evaluasi siswa sebesar 71,01 dengan ketuntasan belajar sebesar 74,29%, pada siklus II meningkat 78,42 dengan ketuntasan belajar 91,42%. Dapat disimpulkan bahwa model PBL menggunakan media ICT dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar, dan mengembangkan nilai karakter demokrasi siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SD Negeri 69 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 10:39
Last Modified: 13 Oct 2014 10:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8903

Actions (login required)

View Item View Item