Putra, Ari and Zulkarnain, Rufran and Sofino, Sofino (2014) PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI PAUD IT BUNAYYA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ari-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (14MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ari-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penanganan anak berkebutuhan khusus peserta program pendidikan inklusif di PAUD IT Bunayya Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengelola, Guru Kelas dan Guru Pendamping di kelas B2. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis studi kasus. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi subjek, triangulasi waktu, triangulasi tempat dan triangulasi teknik. Temuan hasil penelitian ini adalah penanganan anak berkebutuhan khusus di PAUD IT Bunayya Kota Bengkulu adalah dengan cara mengidentifikasi, mengasesmen dan merencanakan program pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Pelaksanaan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus adalah dengan memberikan motivasi agar anak menjadi semangat dikelas, lebih banyak berkomunikasi kepada anak, menyiapkan alat dan bahan untuk pembelajaran. anak berkebutuhan khusus dengan sindrom autis lebih ke metode Intervensi LEAP (Learning Experience and Alternative Program for Preschoolers and Parents) . Sistem evaluasi dari hasil pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dilaksanakan secara berkesinambungan dan objektif, Faktor pendorong berupa catatan dari tempat terapi dan media pembelajaran berupa alat permainan untuk anak APE Indoor dan Outdoor, sedangkan beberapa penghambat dalam penyelenggaran program pendidikan inklusif adalah kurikulum yang masih kaku dalam pengaplikasiannya, tidak adanya guru pendamping khusus yang mengerti tentang pendidikan khusus, pandangan negatif masyarakat mengenai pendidikan inklusif serta tidak adanya dana penyelenggaraan pendidikan inklusif dari pemerintah. Dalam menghadapi semua penghambat yang ada guru maupun kepala sekolah mempunyai solusi dengan tetap memberikan situasi yang kondusif dikelas inklusif untuk anak berkebutuhan khusus tersebut. Harapan penulis semoga hasil penelitian ini bisa menjadi gambaran bagi lembaga-lembaga lain yang ingin menyelenggarakan program pendidikan inklusif di PAUD.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 11:12 |
Last Modified: | 13 Oct 2014 11:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8906 |
Actions (login required)
View Item |